Melihat Tolitoli dari Puncak Ogomoli

Liburan ke Tolitoli, singgahlah ke Puncak Ogomoli. Di sini lah tempat terbaik menikmati keindahan Tolitoli, Sulawesi Tengah.

Dulunya, puncak ini hanya sebuah perkebunan cengkeh milik warga. Biasanya orang yang datang ke sini hanya ingin melihat perkebunan cengkeh miliknya atau ketika musim panen cengkeh. Namun, ketika akses jalan menuju kebun cengkeh ini sudah diperbaiki dan diaspal, warga mulai berdatangan untuk melihat pemandangan yang indah dari atas puncak ini.

Sebulan yang lalu aku kembali ke Bandung atas dasar kerinduan kepada Kota yang telah membersamai perkembanganku di masa remaja. Setelah bertemu dengan keluarga dan menyapa teman-teman, akhirnya aku harus kembali ke rumah.

Aku membuka aplikasi tiket.com untuk mencoba melihat harga tiket pesawat dari Jakarta menuju Tolitoli. Namun, ternyata harga tiket pesawat sedang melonjak naik. Lalu, aku memutuskan untuk mengulur waktu pulang dan kembali menyapa teman-temanku. Bercerita tentang masa lalu yang membuat kami tertawa lepas mengingat tingkah konyol kita dimasa lalu.

Beberapa hari kemudian, aku pun membuka kembali aplikasi tiket.com dihandphoneku dengan harapan harga tiket pesawat dari Jakarta ke Tolitoli sudah mulai menurun. Yang aku suka dari aplikasi tiket.com ini yaitu history pencarian sebelumnya tersimpan di sisi bawah ketika kita masuk pada fitur pencarian tiket pesawat.

Ini sangat membantu aku yang kadang males buat ngetik ulang tujuan penerbanganku. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi tiket.com kita bisa memesan tiket pesawat, sewa kamar hotel, sewa mobil dan beberapa fitur lainnya dimanapun dan kapanpun tanpa terbatas oleh ruang dan waktu, selama masih punya kuota tentunya. #semuaadatiketnya

Dan aku pun pulang, sesampainya dirumah tetiba aku teringat salah satu tempat wisata yang sedang ramai dikunjungi di Tolitoli. Tempat ini dulunya bukan apa-apa, hanya sekedar perkebunan cengkeh milik warga. Akses jalan kesanapun sulit karena jalanan yang belum diaspal.

Beberapa orang menyebutnya Puncak Bombolayang dikarenakan daerah yang berada dikaki gunung tersebut bernama Bombolayang. Namun, ada juga yang menyebutnya Puncak Ogomoli karena desa yang berada di kaki gunung yang lainnya bernama Desa Ogomoli.

Dari atas puncak, traveler bisa melihat rumah-rumah yang tersusun di Kota Tolitoli, lautan lepas yang membentuk teluk, Pulau Lutungan yang menjadi tempat bersemayamnya Raja Tolitoli dan puluhan bahkan ratusan pepohonan cengkeh yang berjajar disekitaran puncak ini.

Dari sini traveler bisa paham kenapa Tolitoli disebut sebagai Kota Cengkeh. Eitss, masih ada lagi. Pemandangan persawahan yang luas dari Desa Ogomoli pun bisa terlihat dari atas puncak ini.

Untuk menuju ke Puncak ini, traveler bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat dengan menempuh waktu kurang lebih sekitar 15menit dari pusat kota Tolitoli.

Sesampainya di puncak, traveler akan disuguhkan pemandangan yang indah dengan beberapa spot foto yang tersedia. Terdapat tulisan "Puncak Ogomoli" yang dibuat dari ban bekas dan dicat warna warni agar terlihat menarik, ada juga tempat berfoto yang dibuat dari kayu dengan latar belakang pemandangan yang indah, dan jika lapar disini tersedia beberapa warung yang menyediakan beberapa makanan dan minuman yang bisa kalian nikmati bersama teman-teman.

Waktu yang pas untuk berkunjung ke Puncak Ogomoli yaitu ketika pagi hari saat matahari mulai terbit dan sore hari saat matahari mulai terbenam. Namun, jika traveler mempunyai kesibukan dan hanya mempunyai waktu malam hari saja tak masalah. Traveler bisa berkunjung pada malam hari, melihat gemerlapan lampu dari rumah-rumah di Kota Tolitoli yang berkilau dari atas ketinggian.

Tempat ini sangat cocok untuk bisa melihat Tolitoli dari ketinggian.

Jadi, tunggu apalagi guyss. Kapan mau berkunjung?

Artikel ini telah terbit di detik dengan Judul "Tempat Terbaik Menikmati Tolitoli"

Dan telah tayang videonya juga di youtube dengan judul yang sama
"Melihat Tolitoli dari Puncak Ogomoli"