Sholat di Kereta....

Assalamu'alaikum temanteman😊

Kali ini aku akan pergi ke Solo dengan menggunakan kereta. Sebenarnya ini agak mendadak sih, tiba-tiba ibuku keinget sama temennya yang di Solo dan hari itu juga nentuin mau pergi dan pulang tanggal berapa. Sambil ngehubungi temen ibu yang mau didatengin, akhirnya kita putuskan untuk pergi hari Selasa, 6 Feb 2018.
Terus aku coba cek² tiket dan dpt paling murah. Karena aku males pesen sendiri akhirnya aku pergi ke Alfamart untuk pesan tiket PP dengan harapan si aa alfamartnya itu bakalan cpt ngurusinnya. Eh taunya lama banget, dalam hati ngegrutu aja, tau gt mending aing psen sendiri aja di BL😑
Nah, kita berangkat dr Stasiun Kiara Condong pukul 18.10 WIB,


Karena aku first time naik kereta yg maghrib udah hrus dalam kereta jadi sebelum naik kita udah wudhu dulu gt biar enak. Dan ini jg pertama kali aku pergi naik kereta sama Ibu dan Ozaq. Biasanya aku kemana² sendiri😂
Tiba waktunya sholat maghrib, ibu ngajak sholat, krna kita duduknya berhadapan gt jadi aku blg ibu duluan aja.
Pas aku liat orang disamping Ibu eh mereka sholat juga.
Jujur lho, selama ini aku naik kereta ke luar kota, naik pesawat Jakarta-Palu, Palu-Jakarta setiap waktu sholat aku blm pernah nemu orang yg sholat diperjalanan gt. Aku sempet kagum, wah kayaknya nih mahasiswa jurusan isalmi² gt. Selepas sholat maghrib pun mereka membuka Al-Qur'an dan mengaji. MasyaAllah~
Selepas memperhatikan mereka akupun sholat maghrib dan dilanjutkan dengan sholat Isya yang dijama' taqdim karena takutnya ketiduran.
Oh iyaa, kalo kita lg bepergian dibolehkan sholatnya dijama'. Tetapi ada ketentuannya juga minimal dengan jarak 85km. Tetapi ada jg pendapat lain.
Nah kalo buru² bisa dijama' qosor yaitu dipersingkat, misalnya dr 4 rokaat jadi 2 rokaat. Tp kalo gak buru², biasa aja. Ga perlu diqosor.


Beberapa menit selepas aku sholat dan makan, tiba² aa (re: kakak laki²/laki² yg lebih tua dlm bhs Indonesia) nanyain,
"Teh, kalau sholat dikereta gimana ya?, Sujud sama rukunya gimana teh?" tanya dia
"Sujudnya 3/4 nunduk, rukuknya stengah nunduk gitu aja a" aku jawab
"Oh gini ya teh" sambil dipraktekin gt
"Iyaa gitu a, dikira² aja" sambung aku
"Kalo duduk tahiyat akhirnya gimana teh? Kayak biasa aja?" tanya dia lg
"Iyaa a, biasa aja kok sama kyk sholat biasa" jawab aku
Lalu dia pun sholat


MasyaAllah, ini sungguh pemandangan yang luar biasa. Baru kali ini aku liat orang yang emang merasa malu kayaknya krna orang yg disekitar tempat dia duduk semuanya sholat. Dan ia pun tergugah tanpa malu untuk bertanya lagi.
Dengan pengalaman ini aku semakin sadar, bahwa mengajak orang untuk melakukan hal wajib itu bukan serta merta memaki²nya, tetapi mengajaknya dan juga terus memberikan contoh bahwa dalam keadaan apapun sesuatu yg wajib itu harus tetap dilakukan.
Wallahu a'lam

0 komentar:

Posting Komentar